10 Kemuliaan dari Membaca Al-Quran

No comment 272 views

BANYAK manfaat dari kita membaca Al-Quran, tidak saja untuk kepentingan kita pada kehidupan di akhirat kelak, tetapi juga di dunia ini. Manfaat membaca al-Quran di dunia, akan menyebabkan kita mendapat cahaya dari warga dunia. Apalagi jika berada dalam kehidupan akhirat kelak.

Apa saja manfaat manfaat membaca al-Quran, berikut di bawah ini:

Pertama, mendapat ketenangan dan dimuliakan Allah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dan tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah dari rumah Allah yang membaca kitabullah serta saling mempelajarinya di antara mereka, kecuali diturunkan atas mereka ketenangan dan dilimpahkan rahmat, dan dikelilingi malaikat serta Allah akan menyebut mereka di sisi-Nya.” (HR. Muslim/2699)

Kedua, derajat kita diangkat.

Berkata Umar bahwa Nabi kalian shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan kitab ini derajat suatu kaum dan merendahkan dengannya yang lainnya.” (HR. Muslim)

Ketiga, setiap huruf memiliki satu pahala kebaikan sepuluh kali lipatnya.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi/2327)

Keempat, dibersamai malaikat yang mulia.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca Al-Qur’an bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca Al-Qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari/4937 dan Muslim/798)

Kelima, diingat di langit.

Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda: “Engkau hendaknya membaca Al-Qur’an, agar ia menjadi cahaya bagimu di muka bumi dan mengingatmu di langit.”

Keenam, mendapat cahaya di hari kiamat.

Rasulullah bersabda: “Siapa yang menyimak ayat dari kitabullah, dituliskan baginya kebaikan yang berlipat. Dan siapa yang membacanya, maka baginya cahaya di hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Ketujuh, mendapat syafaat di hari kiamat.

Dari Abi Umamah al Baahili radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Qur’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim/804)

Kedelapan, mendapat tempat sesuai akhir bacaan Al-Qur’an.

Dari Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dikatakan kepada sahabat al Qur’an, ‘Bacalah dan mendakilah! Bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca dengan tartil di dunia! Maka sesungguhnya tempatmu di akhir ayat yang kamu baca.’” (HR. Abu Dawud/1300)

Kesembilan, menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki keluarga di antara manusia.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapa mereka?” Beliau bersabda, “Mereka adalah ahlul Qur’an yang menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.”

Kesepuluh, mendapat mahkota dan dapat memuliakan orang tua.

Bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca Al-Qur`an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kelak pada hari kiamat dikenakan mahkota dari cahaya yang sinar kemilaunya seperti cahaya matahari. Dan bagi kedua orang tuanya masing-masing dikenakan untuknya dua pakaian kebesaran yang tak bisa dinilai dengan dunia. Maka kedua orangtuanya bertanya: ‘Karena apa kami diberi pakaian (kemuliaan) seperti ini?’ Maka dijawab: ‘Karena anak kalian berdua belajar dan menghafal Al-Qur`an’.” (Mustadrak Al-Hakim, 1/568)*

Berbagi Untuk Yang Lain:
No Response

Leave a reply "10 Kemuliaan dari Membaca Al-Quran"