Al Qur’an di Perbatasan Baduy

No comment 71 views

Macetnya jalan tol dalam kota Jakarta, lalu jalan tol sepanjang Tangerang-Serang yang saat itu dalam perbaikan di beberapa ruasnya, tak membuat patah semangat tim Yayasan Wakaf Al Quran Suara Hidayatullah menjalankan amanah untuk menyampaikan Al qur’an yang telah dihimpun dari para pewakif yang telah mempercayakan hartanya melalui Yayasan Wakaf Al qur’an Suara Hidayatullah.

Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 7 jam perjalanan akhirnya tim wakaf sampai juga di rumah ustd Nurkib Ibnu Djaiz dikampung Simpang,Kec Cirinten Kabupaten Lebak, Banten. Tim wakaf mengira lokasi penyerahan Al qur’an di rumah Ustd Nurkib, namun ternyata lokasi penyerahan kami harus melakukan perjalanan lanjutan kurang lebih 2 jam, yang perjalanannya lebih menantang.

Keesokan harinya, setelah beristirahat melepas lelah tim Wakaf kembali menlanjutkan perjalanan menuju Kampung Cikahir, Desa Nangerang, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten, dekat perbatasan tanah adat Baduy.Dengan dipandu oleh ustd Nurkib Ibnu Djaiz kami menyusuri lereng bukit sepanjang perjalanan dengan pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, akhirnya kami sampai di Kampung Cikahir, Desa Nangerang, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten. Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fitroh kami sudah di sambut oleh beberapa warga dan murid yang ternyata sudah sejak pagi menunggu kedatangan kami. Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fitroh itulah Yayasan Wakaf Al Qur’an Suara Hidayatullah menyerahkan 154 eks Al Qur’an wakaf.

Secara simbolis, YWASH diwakili Muhammad Azmi menyerahkan al-Qur’an kepada dai pembina masyarakat Cikahir Ustadz Nurkib Ibnu Djaiz, bertempat di bangunan kayu Madrasah Ibtidaiyah Al-Fitroh, Jumat (28/9/2012).

“Pemberian al-Qur’an ini juga adalah salah satu bentuk dukungan semangat dari kami agar, yuk, sama-sama kita belajar berislam dengan baik,” kata perwakilan YWASH Ahmad Damanik dalam sambutannya di depan puluhan warga dan tokoh masyarakat Cikahir.

Mewakili masyarakat, Ustadz Nurkib merasa sangat berterima kasih atas program YWASH tersebut.

“Diharapkan al-Qur’an ini dibaca dengan terjemahannya, jangan hanya disimpan di atas rak,” pesannya dalam bahasa Sunda kepada hadirin.

Selain untuk warga Kampung Cikahir, Desa Nangerang, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten, yayasan wakaf juga menyerahkan al qur’an untuk warga Dusun Ujung jaya, Kampung Cikawung Seberang, Kecamatan Sumur, Kab.Pandegelang.Pengiriman ini adalah tahap kedua, pada bulan april yang lalu tim wakaf telah secara langsung berkungjung ke lokasi.Namun untuk kali ini tim wakaf belum berkesempatan uuntuk kembali berkunjung kelokasi, dan al qur’an hanya bisa di antar sampai Serang dan bertemu dengan perwakilan warga yang diutus.

author
No Response

Leave a reply "Al Qur’an di Perbatasan Baduy"