Embrio Sebagian Terbentuk, Sebagian Belum Terbentuk

Pada tahap mudghah, jika ada sebuah sayatan di embrio dan organ internal dibedah, akan terlihat bahwa sebagian besar sudah terbentuk dan sebagian yang lain belum sepenuhnya terbentuk.

Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu…” (QS. Al-Hajj: 5)

Secara ilmiah, kita tahu bahwa pada tahap awal perkembangan ada beberapa sel yang sudah terbagi-bagi atau sel yang belum terbagi-bagi, serta beberapa organ yang sudah terbentuk secara sempurna dan yang lain belum terbentuk.

Indera manusia yang pertama kali berkembang dalam embriologi adalah pendengaran. Janin dapat mendengar setelah berumur 24 minggu. Selanjutnya, indera penglihatan akan berkembang dan pada umur 28 minggu retina akan mulai peka terhadap cahaya.

Ayat-ayat yang menerangkan perkembangan indera dalam embrio adalah,

Dia menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati bagimu, (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.” (QS. As-Sajdah: 9)

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” (QS. Al-Insan: 2)

Dan Dialah yang telah menciptakan bagimu pendengaran, penglihatan dan hati nurani. Tetapi amat sedikit sekali kamu bersyukur.” (QS. Al-Mu’minun: 78)

Dalam ayat-ayat ini indera pendengaran disebutkan sebelum indera penglihatan. Dengan demikian, pernyataan Al-Qur’an selaras dengan penemuan-penemuan embriologi modern.*/Dr. Zakir Naik, dari bukunya Miracles of Al-Quran & As-Sunnah.

 

author
No Response

Leave a reply "Embrio Sebagian Terbentuk, Sebagian Belum Terbentuk"