Fenomena Gunung Pelangi di Dalam Al-Qur’an

AL-QUR’AN telah menginformasikan fenomena alam tersebut 14 abad yang lalu. Apakah Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam pernah ke China (atau Peru)? Tidak pernah sama sekali. Tiada lain tiada bukan, informasi tersebut bersumber dari wahyu Allah semata.

Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” (Al-Fathir: 27)

Di China ada gunung bak pelangi. Gunung ini tampak seperti hamparan bendera berwarna-warni. Gunung pelangi seluas 300 km2 ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China. Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Walaupun begitu, di sana tidak ditemui tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.

Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Formasi batuan tersebut kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. Konon gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.

Selain gunungnya yang berwarna-warni, Zhangye Danxia juga memiliki gua-gua yang tersembunyi di balik perbukitan. Karena keunikan kondisi alamnya tersebut, World Heritage Committee UNESCO memasukkan gunung ini dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2010.

Saat gunung ini pertama kali diketahui khalayak melalui foto yang beredar di dunia maya, banyak yang beranggapan kalau pola pelanginya merupakan hasil rekayasa komputer. Sekarang Zhangye Danxia menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China, menghasilkan pendapatan cukup tinggi bagi penduduk Zhangye.

Warga setempat juga berinisiatif untuk membangun jalan agar para pengunjung bisa lebih mudah mengakses perbukitan tersebut.

Fenomena alam seperti ini juga terdapat di gunung Ausangate di Peru.*DR. Zakir Naik, dari bukunya Miracles of Al-Qur’an & As-Sunnah.

author
No Response

Leave a reply "Fenomena Gunung Pelangi di Dalam Al-Qur’an"