Hikmah Saat Diberi Ujian (3)

No comment 1010 views

Ketiga: Meninggikan kedudukan dan menjadikan siap melakukan kebaikan

TELAH ada pada diri Ibrahim a.s suri tauladan yang baik bagi kita. Beliau telah diuji oleh Rabb-nya dengan ‘beberapa kalimat’, lalu Ibrahim menunaikannya. Karena itu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

`Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabb-nya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman, `Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia.’ Ibrahim berkata, `(Dan saya mohon juga) dari keturunanku.’ Allah berfirman, Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim’.” (Al-Baqarah: 124).

Para mufasir berbeda pendapat mengenai maksud ‘beberapa kalimat’. Sekelompok orang berpendapat bahwa beliau diuji dengan syariat-syariat Islam. Kelompok kedua berpendapat tentang perintah menyembelih anaknya yang dicintai. Kelompok ketiga berpendapat tentang diuji dengan menunaikan dan menyampaikan risalah.

Ada pun yang lain berpendapat tentang sunnah-sunnah fitrah; dikhitan dengan kapak ketika beliau berusia lanjut, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak. Pendapat terakhir inilah yang mendekati maksud yang benar, wallahu a`lam.

Namun demikian, sungguh Ibrahim a.s telah melaksanakan dan menunaikan dengan sempurna ‘beberapa kalimat’ tersebut. Allah berfirman:

Dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji.” (An-Najm: 37).

Maka, hasilnya, Allah menjadikan beliau sebagai pemimpin dan suri tauladan bagi seluruh manusia dalam hal kebaikan. Selain itu, beliau juga memohon kepada Rabb-nya agar menjadikan keturunan-keturunannya sebagai para pemimpin, sebagaimana dalam Al-Baqarah: 124, namun Rabb kita belum mengabulkannya.

Maka jika ada sebagian orang, ketika Allah memberi ujian kepada dirinya, ia justru berbuat kejelekan dan tidak bersabar, lihatlah kepada Nabi yang mulia ini dan sikap ketaatannya terhadap perintah Rabb-nya, yang beliau telah melaksanakan dan menunaikan dengan sempurna ‘beberapa kalimat’ tersebut.*/Hani Saad Ghunaim, dari bukunya Seni Menikmati Ujian.

Berbagi Untuk Yang Lain:
No Response

Leave a reply "Hikmah Saat Diberi Ujian (3)"