MUI Kepulauan Mentawai Terima Wakaf Al-Qur’an

Komitmen Yayasan Wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah (Yawash) untuk menyalurkan Al-Qur’an hingga ke pelosok negeri, direspon positif oleh masyarakat dan tokoh di daerah.

Kali ini Majelis Ulama Iindonesia(MUI) Mentawai bekerjasama dengan Yayasan Wakaf Al Qur’an menyalurkan Al-Qur’an program wakaf untuk masyarakat Mentawai sebanyak 100 eksemplar.

“Itu program tahap awal. Insya Allah tahap berikutnya segera menyusul,” kata Muhammad Azmi selaku Ketua Yawash.

Rencananya , Al-Qur’an wakaf ini akan disalurkan ke masjid-masjid dan musholla yang ada di Kepulauan Mentawai.

“Saya bersyukur dan berterima kasih dengan adanya wakaf Al-Qur’an dari Yayasan wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah,” ungkap Ketua MUI Mentawai Ustadz Mustaqim Dalang.

“Insya Allah MUI Mentawai akan membantu menyalurkan ke masjid-masjid dan musholla yang membutuhkan di Kepulauan Mentawai ini, “ kata pria kelahiran Flores, Nusa Tenggara Timur, yang sudah tiga periode menjabat ketua MUI ini.

Menurut Ust Mustaqim, jumlah al-Qur’an 100 eksemplar itu tidak cukupi, karena masjid dan musholla di wilayah ini cukup banyak. Harapan beliau jumlah yang disalurkan untuk wilayah Mentawai bisa di tambah .

Dakwah Penganut Animisme

Sebagaimana diketahui, penduduk di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini separuhnya adalah penganut animisme, sementara sebahagiannya beragama Kristen dan Islam.

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibahagian paling barat pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia, dengan suku Mentawai sebagai sebagian besar penduduknya. Masyarakat setempat menyebut negeri mereka dengan nama Bumi Sikerei.

Namun dengan semakin banyaknya pendatang dan gencarnya missionaris dengan kekuatan modal yang kuat, saat ini warga yang memeluk Islam hanya sekitar 25 % selebihnya beragama Kristen, Baha’i dan Animisme.

Kabupaten Mentawai didirikan apda tahun 1999 sesuai dengan Undang-Undang No.49 Tahun 1999 sebagai pemekaran dari Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat. Jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah 70.174 orang dengan penduduk laki-laki sebanyak 36.479 orang dan penduduk perempuan sebanyak 33.695 orang.*

author
No Response

Leave a reply "MUI Kepulauan Mentawai Terima Wakaf Al-Qur’an"