Sesungging Senyum di Bibir Khadir

No comment 373 views

KHADIR, 19 tahun, sore itu matanya berbinar-binar. Hatinya berbunga-bunga. Begitu juga teman-temannya. Pasalnya, sore itu mereka mendapatkan al-Qur`an baru.

Secara simbolis, pria berbaju koko warna hijau dan bersarung putih itu mewakili teman-temannya menerima al-Qur`an dari Yayasan Wakaf Al-Qur`an Suara Hidayatullah (YAWASH).

“Alhamdulillah, doa kami terkabul. Sekarang kami punya al-Qur`an baru, Qur`an yang lama jilid dan isinya sudah pada rusak,” ujar Khadir, kepala santri TPQ Nur Al-Amin Bekasi.

“Ucap syukur kepada Allah SWT yang telah mengantarkan al-Qur`an ini untuk kami. Kami sangat bahagia dan semoga Allah SWT selalu melapangkan rezeki kepada para donatur. Dan pengurus Yayasan Wakaf Al-Qur`an Suara Hidayatullah semoga senantiasa istiqamah dalam berkhidmat kepada umat,” papar Khadir, sambil mengulum senyuman.

“Al-Qur`an adalah pedoman bagi umat Islam yang menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kami ingin menjadi wasilah (penghubung) antara mukhsinin dengan yang membutuhkan, semoga bermanfaat,” kata M Azmi, Sekretaris YAWASH

Menurut Agus Suharyadi, petugas penyuluh keagamaan di Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, TPQ Nur Al-Amin adalah TPQ tertua yang ada di Kampung Muara Tengah, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi. Lembaga ini berdiri sejak tahun 1960. TPQ ini diasuh oleh Ustadz Na’amin. Beliau alumni pertama murid dari almarhum KH Noer Alie, Pahlawan Nasional RI.

Menurutnya, TPQ Nur Al-Amin ini masih menggunakan sistem klasik dalam mengajar para santrinya.

“Namun demikian semangat mengaji para santri patut diapresiasi. Hal ini dibuktikan dengan al-Qur`an yang mereka gunakan, walaupun sudah tidak layak mereka tetap sungguh-sungguh dalam menggali ilmu agama, terutama ilmu al-Qur`an,” kata Agus.

Jumlah santri TPQ Nur Al-Amin sekitar 40 orang. Mereka berasal dari daerah sekitar saja. Meskipun sebenarnya ada juga anak-anak kampung sebelah yang berminat jadi santri. Akan tetapi, karena tempat yang kurang memungkinkan mereka terpaksa tidak bisa ikut serta.

Untuk diketahui, Kampung Muara Tengah ini berada di Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Wilayah ini berbatasan dengan; sebelah utara Kecamatan Muara Gembong dan Cabang Bungin, sebelah barat Kecamatan Babelan.

“Semoga Allah membalas dengan limpahan pahala untuk para pengurus yayasan wakaf Qur`an, relawan, dan semua pihak yang ikut membantu dalam pendistribusian al-Qur`an ini,” pungkas Agus.(*Dadang Kusmayadi/YAWASH)

Berbagi Untuk Yang Lain:
No Response

Leave a reply "Sesungging Senyum di Bibir Khadir"