Sinergi Yawash dengan Mahasiswa STAIL Surabaya

penyerahan al quran wakaf di madiun

penyerahan al quran wakaf di madiun

Menyalurkan Al-Qur’an wakaf di dusun pelosok Madiun diiringi dengan mengajar gaji dan tuntunan shalat

Bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim Surabaya, Yayasan Wakaf  Al-Qur’an Suara Hidayatullah (Yawash) menyelenggarakan  program tahunan KKN (Kuliah Kerja Nyata ) dan BDB (Bina Desa Berkelanjutan).

Untuk tahun ini, pelaksanaan KKN & BDB dilaksanakan di Dusun Kayen, Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Sebayak 39 mahasiswa mengikuti acara ini yang semuanya merupakan semester enam.

Masjid di Madiun

Masjid di Madiun

Medan terjal dan perjalanan yang jauh melewati hutan belantara yang berjarak ± 32 Km dari jalan raya, untuk sampai di lokasi harus menempuh perjalanan yang berliku – liku. Meski perjalanan jauh dan terjal layaknya mendaki gunung, namun tidak jadi penghalang dan pemutus semangat bagi mahasiswa untuk menyampaikan dakwah  Islam.

Senyum bahagia tersirat pada wajah masyarakat Desa Randualas, terutamanya di Dusun Kayen yang kali pertamnya di tempati KKN. Bapak Padi selaku Kepala Desa Randualas dengan senang hati langsung menuju Balai Desa, untuk mengikuti acara pembukaan serta serahterima mahasiswa KKN.

Desa Randualas adalah desa yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, dengan jumlah penduduknya ± 6.654 jiwa dengan 2.500 KK, yang terbagi dalam 30 RT dan 10 RW.

Namun yang menjadi kendala bagi masyarakat ialah untuk memenuhi kebutuhan baik kepeluan rumah tangga maupun kebutuhan yang lainnya harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, semisalnya untuk membeli peralatan pendidikan, pakaian, dan lain sebagainya mereka harus  pergi ke Caruban, yang berjarak di atas 30 kilometer itu.

Foto0860
Dusun Kayen, Desa Randualas ini termasuk desa yang belum dilirik untuk program KKN sebelumnya. Mungkin lantaran tempetnya yang sulit, jauh aksesnya serta hal lain yang serba terbatas sehingga belum terjangkau info. Padahal masyarakat Dusun Kayen Desa Randualas ini sangat butuh bimbingan agama Islam. Di tempat inilah Mahasiswa Stail Luqmanul Hakim belajar memulai syi’ar kemasyarakat secara ril.

Sebanyak 39 mahasiswa disebar meratadi semua dusun yang ada di Desa Randualas. Kegiatannyapun beragam. Mereka berdakwah dan silaturahim ke rumah warga  untuk mengenalkan keberadaannya di Desa Randuaalas.

Selain itu, ada pula yang ikut membantu mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Quran), bahkan ada yang ikut ke ladang, mencangkul, memetik cengkeh, dan merehab rumah warga sampai membongkar bangunan Balai Desa Randualas bersama masyarakat untuk direhab bangunan yang sudah rapuh.

Di antara semangat syi’ar para mahasiswa ini mereka memabagikan Al-Qur’an 100 eks yang di amanatkah oleh Yayasan Wakaf kepeda mereka. Secara keseluruhan mendistribusian dilakukan di masjid Dusun Randualas, yakni masjid Al-Muqarromah dan masjid Hidayatul Ummah.

foto0298“ Kami berharap ke depan KKN adik-adik mahasiswa STAIL di tempatkan lagi di sini lagi.” kata Sarimun, ketua takmir Majid Al-Muqarromah. Selain penyebaran wakaf Al-Qur’an kegiatan juga diiringi dengan pemberantasan buta huruf Al-Qur’an yang berlangsung  selama satu bulan dan di lanjutkan dengan program Bina Desa Berkelanjutan(BDB). Begitu ceria dan semangatnya anak-anak TPA ketika kakak-kakak dari STAIL  ikut mengajar serta membagikan Al-Qur’an dan buku Iqro kepada mereka.

Yusuf Setiawan/Yawash

author
No Response

Leave a reply "Sinergi Yawash dengan Mahasiswa STAIL Surabaya"