Tebar Al-Qur’an dan Mukena di Desa Lohayong, Flores Timur

Untuk kedua kalinya, Yayasan Wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah melalui program wakaf Al-Qur’annya kembali mengunjungi saudara kita di Flores Timur. Kali ini Yayasan Wakaf, mendatangi Desa Lohayong di Kecamatan Solor Timur, Flores, NTT. Ust Faisal, mewakili Yayasan menyerahkan Al-Qur’an sebanyak 50 eksemplar dan mukena sebanyak 20 potong, kepada masyarakat di Desa tersebut dan sejumlah masjid, serta TPQ-TPQ.

“ Sebenarnya jumlah Al-Qur’an dan mukena yang kami distribusikan baik untuk tahap pertama maupun kedua ini jauh dari mencukupi kebutuhan masyarakat Muslim Flores,” tutur M. Sobach, wakil ketua Yayasan Wakaf Al-Qur’an.

Dapat digambarkan di sini bahwa, komunitas Muslim di Kecamatan Solor Timur ini dua kali lipat dari penganut Katolik. Yakni sekitar 9 ribuan jiwa sedang Katolik 5 ribuan jiwa

Pulau Solor sendiri merupakan satu di antara 542 gugus pulau di Propinsi Nusa Tenggara Timur, NTT. Dari 542 pulau itu hanya 42 pulau yang ada penduduknya. Satu di antara 42 pulau itu adalah pulau Solor yang teramat kecil dalam peta Indonesia yang di dalamnya terdapat beberapa desa dari dua kecamatan, yaitu Solor Timur dan Solor Barat.

Menurut situs resmi Kabupaten Flores Timur, jumlah penduduk Kecamatan Solor Timur per Desember 2006 sebanyak : 14.507 jiwa, terdiri dari laki-laki 6.660 jiwa dan perempuan 7.847

jiwa, dengan jumlah KK : 3.656. Jumlah Kepala Keluarga Miskin sebanyak : 1.986 KKM

Jumlah Penduduk menurut agama: Islam: 9.136 jiwa, Katolik: 5.352 jiwa, Protestan: 19 jiwa sedang untuk penganut Hindu/Budha tidak disebutkan. Jumlah penduduk sesuai mata pencaharian: Tani ladang, 3.432 orang dan nelayan : 944 orang

Jumlah komunitas Muslim dan lembaga pendidikan yang ada di sana tersebar di berbagai tempat.

Rumah ibadah dan lembaga pendidikan di sana antara lain: ‘Masjid Raudhatul Jannnah di Lokasi B, Masjid Al-Munawarah di Lokasi A (Lewwo), Masjid Bait Al-Jihad di Lokasi A (Benteng Kota), Mushallah Darul Hidayah di Lokasi D (Botan), Mushallah Nurul Iman di Lokasi C (Kampung Baru), Mushallah Khalid bin Walid di Lokasi A (Kampo),  Mushallah Umar bin Khaththab di Kampung Safar (sapa), dan Mushalla Al-Furqan di Kebbeng (Kekang Wutung). Sedangkan lembaga pendidikan untuk anak-anak Muslim di desa Lohayong khususnya adalah: Sekolah Dasar Inpres, Sekolah Dasar Negeri, Madrasah Ibtidaiyah swasta (MIS) yang kini telah menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), dan Pendidikan Agama Pertama 4 Tahun (PGAP 4 tahun) yang sekarang telah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Lohayong.

“Kami sangat senang dengan adanya Al-Qur’an Wakaf ini. Terlebih kondisi Al-Qur’an yang ada sudah waktunya diganti,” kata Abdul Ghafur Keneng, Kepala Desa Lohayong sekaligus pengurus Masjid Raudhatul Jannah yang menerima pembagian Al-Qur’an.

Selain Masjid Raudhatul Jannah, Al-Qur’an juga dibagikan di Mushola Kampung Baru, TPQ Pembina Raudhatul Jannah, Madrasah Raudhatul Jannah, Madrasah Ibtidaiyah Lamalai, TPQ Ust Ahmad dan TPQ Ust. Hamid.

“Masyarakat sangat berterimakasih atas perhatian kaum Muslimin Flores Timur. Mohon kerjasama lagi di lain waktu..” tutur Faisal menyampaikan pesan warga yang lain. Abdullah/Yawash

author
No Response

Leave a reply "Tebar Al-Qur’an dan Mukena di Desa Lohayong, Flores Timur"