Wakaf Al-Qur’an untuk Masyarakat Flores

No comment 45 views

Wakaf Al-Qur’an dari Yayasan Wakaf Suara Hidayatullah (YWSH) kini bergeal ke Flores.  Kehadiran Al-Qur’an wakaf dinanti oleh warga Muslim, setidaknya tergambar di Nusa Tenggara Timur.

“Jumlah Al-Qur’an di sini sangat tidak memadai, sehingga kerap bergantian untuk membacanya. Itupun kondisinya sudah koyak di sana sini,” Ungkap Ustadz Mansur Hasan, pengusaha Muslim asal Flores, sesaat setelah  menerima al-Quran.

Menurut  pria yang pernah nyantri di Kampus Radhiyatan Mardiyyah, Hidayatullah Gunung Tembak ini,   sebenarnya   masyarakat  Flores  mempunyai  keinginan kuat  untuk belajar.  Masalah utama yang menjadi kendala di Flores   adalah tidak adanya  fasilitas untuk belajar, baik tempat mau pun buku-buku bacaan.

Contohnya,  beberapa desa di Kecamatan  Solor Timur Kabupaten Flores Timur  dengan Jumlah penduduk sekitar 4000 orang,  hanya terdapat  4  buah Sekolah Dasar(SD)  dan 1  SMP Tsanawiyah . Itupun baru diresmikan sekitar setengah tahun  lalu. Padahal  SMP Tsanawiyah tersebut sudah beroperasi  cukup lama, lebih dari sepuluh tahun.

Selain kendala jumlah sarana belajar yang belum memadai,  kendala tempat juga menjadi problem yang belum terpecahkan. Misalnya  untuk melanjutkan ke  sekolah  menengah anak-anak harus ke ibu kota kecamatan karena  adanya baru di kecamatan .  Itupun jumlahnya baru satu buah.

Dengan kondisi ekonomi  masyarakat yang pas-pasan  karena hanya sebagai petani dan nelayan,  ustadz Mansur sangat mengarapkan bantuan dari  berbagai pihak untuk  membantu masyarakat.  Beliau berharap selain wakaf Al Quran  juga ada wakaf tunai/ infaq yang di gunakan untuk membangun sarana pendidikan.

“Untuk saat ini yang sangat mendesak adalah membangun sarana MCK di masjid ,supaya anak- anak tidak harus pulang ke rumah jika akan buang air,” ungkapnya.*/atwa

author
No Response

Leave a reply "Wakaf Al-Qur’an untuk Masyarakat Flores"