Semangat Santri Sukamantri

No comment 486 views

UDARA sangat dingin. Sudah empat hari ini kabut menyelimuti desa yang terletak di kaki Gunung Madati, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Suara adzan Maghrib berkumandang merdu. Panggilan untuk melaksanakan shalat itu disambut oleh beberapa anak. Mereka mulai berdatangan ke Masjid al-I’tishom.

Masjid tersebut terletak di RT 18 RW 06 Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Tepatnya di sebelah timur Sukamantri, sekitar 2 km dari ibukota kecamatan dan 45 km dari ibukota kabupaten. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Kamis, 29 November 2018 lalu, usai shalat Maghrib masjid itu semakin ramai. Selain anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, juga para pemuda berbondong-bondong mendatangi masjid tersebut. Mereka hadir untuk mengikuti pengajian rutin.

Kegiatan pengajian itu diadakan seminggu dua kali. Membahas seputar ibadah dan akhlak, yang diisi oleh ustadz dari kampung tersebut.

Pada kesempatan itu, diserahkan al-Qur’an secara simbolis dari Yayasan Wakaf Al-Qur`an Suara Hidayatullah (YAWASH). Penyerahan dilakukan oleh siswa Madrasah Aliyah (MA) Persis Kudang, Wanaraja, Kabupaten Garut, yang sedang melakukan bakti sosial melalui kegiatan Ujian Program Khidmat Jam’iyyah (UPKJ) di daerah tersebut.

Menurut Ucen, pengurus DKM al-I’tishom, masyarakat merasa senang dengan kegiatan bakti sosial MA Persis Kudang. Apalagi disertai dengan pembagian al-Qur`an.

“Warga di sini senang. Jazakallah khairan katsiran kepada Yayasan Wakaf Al-Qur`an Suara Hidayatullah yang telah berpartisipasi dengan memberi al-Qur’an ini. Kami di sini bersemangat mempelajari al-Qur`an. Semoga menjadi amal jariyah dan diganjar pahala oleh Allah bagi pengurus, donatur, dan juga para relawannya,” ungkap Ucen.

Sementara itu, siswa peserta UPKJ MA Persis Kudang, Fajar Arsil Fathurrahman mengatakan, pembagian al-Qur`an memang dicari momennya yang tepat, yaitu pada saat pengajian.

“Terima kasih kepada Yayasan Wakaf Al-Qur`an Suara Hidayatullah yang telah bekerjasama dengan kami. Semoga bermanfaat dan kerjasama ini bisa berlanjut,” kata Fajar, yang mewakili ke-12 temannya dari kelompok PPI 212 Kudang, Wanaraja, Garut.

Fauzan, santri yang ngaji di Masjid al-I’tishom juga merasa senang karena mendapat al-Qur`an.

“Ini sangat bermanfaat untuk menyebarluaskan syiar Islam. Juga menjadi maslahat dan manfaat bagi kami di sini,” ujar Fauzan.

Mayoritas penduduk Desa Cibeureum berwiraswasta, berkebun dan bertani. Desa ini sangat potensial untuk perdagangan. Letaknya sangat strategis karena dilewati jalan yang menuju Kabupaten Majalengka.*Dadang Kusmayadi

Berbagi Untuk Yang Lain:
No Response

Leave a reply "Semangat Santri Sukamantri"