Tadabur Al-Qur’an di Rutan Balikpapan

No comment 97 views

Menjelang siang. Masjid Asy-Syuhada di kompleks Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Balikpapan itu penuh oleh 1000 lebih narapidana. Mereka berkumpul dalam rangka kegiatan “Wakaf al-Qur’an dan Mentadaburi Ayat-ayat Allah SWT.”

Dalam tausiyahnya, Ustadz Abu Ahmad, mengajak hadirin agar mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW. Ia mengutip surah al-Ahzab [33] ayat 21, yang artinya, “Sungguh, telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu…”

Menurutnya, “Jika manusia tidak mau tersesat, maka yang harus dijadikan penuntunnya yaitu suri teladan Rasulullah SAW,” katanya.

Alhamdulillah, pada kesempatan itu, Senin, 28 Oktober 2019  yang bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda telah diserahkan sejumlah al-Qur’an dari Yayasan Wakaf al-Qur’an Suara Hidayatullah.

Al-Qur’an tersebut secara simbolis diserahkan kepada Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Balikpapan Ade Heri Setiawan oleh relawan wakaf Qur’an Imam Abdurrahman dan Farid Usman.

Acara ini diinisiasi oleh Yayasan Wakaf al-Qur’an Suara Hidayatullah, yang bekerjasama dengan Rumah Qur’an al-Maheerah dan Sekolah Integral Luqman al-Hakim Hidayatullah kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Beberapa santri SMP Integral Luqman al-Hakim ikut hadir dalam acara safari dakwah yang mereka kemas bertajuk, “Wakaf al-Qur’an dan berbagi sandal wudhu dengan para narapidana.”

Acara tersebut mendapat apresiasi dari pihak Rutan. Sebagai tuan rumah, dalam sambutannya Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Balikpapan Ade Heri Setiawan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kegiatan itu.

“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa terselenggara atas kerjasama beberapa pihak, insya Allah sangat bermanfaat. Para napi butuh bimbingan dan semoga sinergi ini bisa berlanjut,” kata Ade.

Adam, salah satu napi yang sudah empat kali keluar-masuk tahanan mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih, selain itu juga ingin ada ustadz yang intensif membimbing kami.”

“Insya Allah, saya dan rekan-rekan yang lain akan berusaha untuk memenuhi keinginan bapak-bapak yaitu bimbingan keislaman,” ujar Imam Abdurrahman, selaku seksi acara tersebut, yang juga dai di kalangan mantan pecandu narkoba dan anak jalanan itu

Sementara itu, dalam sambutannya,  Abu Faqieh selaku penanggung jawab acara, menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya.

“Saya bersyukur dan berterima kasih, semoga kebaikan dan keberkahan Allah limpahkan kepada para pewakaf al-Qur’an, pengurus, relawan, donatur, dan para muhsinin yang mendukung kegiatan ini, baik berupa doa, moril maupun materil,” katanya.

“Bagi saya ini karunia yang besar, awalnya diperkirakan yang hadir hanya 300 orang dan ternyata sampai 1200 orang. Semoga Yayasan Wakaf al-Qur’an Suara Hidayatullah mampu terus  membagikan al-Qur’an gratis, Rumah Qur’an al-Maheerah mampu mencetak generasi pendakwah dan mujahid. Dan Sekolah Integral Luqman al-Hakim juga bisa terus saling bersinergi dengan lembaga lainnya, aamiin,” papar Abu Faqieh.

Luar biasa semangat mereka dalam belajar membaca al-Qur’an dan menimba ilmu agama. Dan mereka semakin bersemangat ketika mendapat wakaf al-Qur’an dari Anda. Yuk, kita bantu.* Dadang Kusmayadi/sejutaquran.org

Berbagi Untuk Yang Lain:
No Response

Leave a reply "Tadabur Al-Qur’an di Rutan Balikpapan"