YAWASH Gandeng Pesma Dai Tebar Qur’an di TPQ Pinggiran Kota Surabaya

Bangunan seukuran 3×12 meter persegi itu berdinding tripleks dan beratapkan seng. Lantainya masih berupa semen kasar. Nampak sudah tidak rata. Di beberapa bagian ada yang menonjol lebih tinggi, bagian lain berlubang.

Puluhan anak berpakain putih duduk rapi memenuhi sudut ruangan. Bahkan di antara mereka harus mengaji di luar dengan posisi berdiri, karena ruangan tidak memadahi.

Ada 80-an anak yang mengaji di sini. Karena ruangan terbatas, maka dibagi beberapa kelompok. “Mulai dari tingkatan iqra’ awal jam dua siang, lanjut tingkatan yang paling tinggi setelah Ashar,” ujar Ustadz Fauzi, kepala TPQ al-Barakah yang beralamat di Jalan Keputih Tegal Bakti, Surabaya.

Ustadz asal Madura ini, bersama istrinya selaku penanggungjawab TPQ sangat bersyukur ketika ada batuan al-Qur’an dari Pesma Dai Jawa Timur dan Yayasan  Wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah (YAWASH).

“Apa yang dilakukan oleh Pesma Dai dan YAWASH ini sangat membantu kami. Kami ucapkan banyak terima kasih, tak terkecuali kepada para donatur yang mendukung program wakaf al-Qur’an ini,” ungkapnya.

Serah terima al-Qur’an itu disambut dengan suka-ria oleh santri-santri TPQ. Sebab, al-Qur’an yang ada di ruangan belajar mereka banyak yang kusam, tak bersampul, bahkan sobek-sobek.

Selain TPQ al-Barakah, program tebar al-Qur’an pada akhir September-awal Oktober ini, juga dilakukan di sembilan titik lainnya. Lokasinya berada di pinggiran Kota Pahlawan. Di antaranya, TPQ al-Hidayah di Bhaskara Sawah, TPQ Ar-Rahman, Ampel, dan TPQ al-Ikhlas, Karang Rejo.

Alim Puspianto, Direktur Pesma Dai, mengatakan bahwa pembagian  wakaf al-Qur’an ini dalam upaya memberantas buta al-Qur’an. Selain itu, juga langkah untuk meningkatkan spiritualitas warga Surabaya, khususnya yang berada di daerah pinggiran.

“Suksesnya acara pembagian al-Qur’an ini berkat kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya YAWASH. Insya Allah ada niatan program ini akan kita naikkan ke level Jawa Timur,” kata Alim.

“Data yang kita temukan di lapangan, masih banyak lembaga TPQ/TPA di Surabaya yang membutuhkan al-Qur’an,” imbuhnya.

Yuk, kita bantu mereka yang membutuhkan al-Qur’an. *Pesma Dai/sejutaquran.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *